cover
Contact Name
Yafid Effendi
Contact Email
mbjtm@umt.ac.id
Phone
+6281320262711
Journal Mail Official
mbjtm@umt.ac.id
Editorial Address
Universitas Muhammadiyah Tangerang Jl. Perintis Kemerdekaan No.1/33, RT.007/RW.003, Babakan, Kec. Tangerang, Kota Tangerang, Banten, Indonesia 15118
Location
Kota tangerang,
Banten
INDONESIA
Motor Bakar : Jurnal Teknik Mesin
ISSN : 25495038     EISSN : 25804979     DOI : -
Motor Bakar adalah jurnal online prodi Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Tangerang berisi tentang artikel hasil penelitian dibidang Konversi Energi, Perancangan dan Teknik Manufaktur serta Rekayasa Teknik Otomotif. Sebagai wadah bagi para dosen maupun mahasiswa dalam membuat karya ilmiah, karena sesuai dengan tuntutan perguruan tinggi Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu, Pendidikan, Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat, maka dibuatlah Jurnal Teknik Mesin.
Articles 8 Documents
Search results for , issue "Vol 4, No 2 (2020): Motor Bakar : Jurnal Teknik Mesin" : 8 Documents clear
PENGARUH PENAMBAHAN ADITIF OCTANE BOOSTER TERHADAP CAMPURAN PERTALITE UNTUK MENINGKATKAN UNJUK KERJA MESIN MOTOR AUTOMATIC SATU SILINDER 125 CC Amir Amir; Riki Candra Putra
Motor Bakar : Jurnal Teknik Mesin Vol 4, No 2 (2020): Motor Bakar : Jurnal Teknik Mesin
Publisher : Universitas Muhammadiyah Tangerang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31000/mbjtm.v4i2.5756

Abstract

Fungsi zat aditif untuk menyempurnakan proses kimia pembakaran, membersihkan mesin dari semua timbunan kotoran, baik itu pada intake valve, port fuel injector dan combuction chamber, mencegah korosi pada saluran dan tangki,tentunya kinerja mesin akan meningkat.  Zat aditif yang akan digunakan pada pengujian ini adalah bullsone shot motorbike.Dengan beberapa kelebihan dari Zat Aditif maka perlu dilakukannya pengujian performa terhadap kendaraan Pengujian performa campuran pertalite dengan zat aditif yang dilakukan salah satunya diharapkan dapat mengetahui seberapa besar pengaruh terhadap daya dan torsi pada mesin. Daya merupakan kemampuan kendaraan untuk mencapai kecepatan tertinggi dalam waktu tertentu, sedangkan torsi merupakan gaya atau kemampuan mesin untuk menggerakan kendaraan dari posisi diam sampai berjalan. Dengan menggunakan bahan bakar pertalite dan campuran zat aditif sebesar 100 ml menghasilkan daya dan torsi yang lebih tinggi dibandingkan dengan menggunakan pertalite murni. Peningkatan pada torsi maksimum sebesar 1,02 Kg.m dan peningkatan pada daya maksimum sebesar 10,13 PS. 
ANALISIS SISTEM PENGEREMAN PADA PEMBANGKIT LISTRIK TENAGA BAYU TIPE VERTIKAL DENGAN KAPASITAS 450 WATT Jamaludin Jamaludin; Agus Sulaeman; Efrizal Efrizal
Motor Bakar : Jurnal Teknik Mesin Vol 4, No 2 (2020): Motor Bakar : Jurnal Teknik Mesin
Publisher : Universitas Muhammadiyah Tangerang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31000/mbjtm.v4i2.5748

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sistem pengereman yang digunakan pada pembangkit listrik tenaga bayu tipe vertikal untuk kapasitas 450 watt. Pembangkit listrik tenaga bayu digunakan untuk membangkitkan energi listrik dengan memanfaatkan energi angin. Pada pembangkit listrik tenaga angin sistem pengereman berfungsi untuk mengurangi kecepatan hingga menghentikan putaran baling-baling. Tujuannya agar pembangkit listrik tetap bekerja pada titik aman pada saat terjadi angin yang sangat kencang Sistem pengereman pada pembangkit listrik tipe vertikal ini menggunakan tipe rem tromol. Hasil penelitian ini menunjukan berapa gaya yang bekerja pada setiap sepatu rem serta berapa waktu yang diperlukan dan gaya yang diperlukan untuk melakukan pengereman pada setiap kecepatan angin yang berbeda-beda. Gaya yang bekerja pada sepatu rem 1 terhadap O1 sebesar 1.013 N, gaya yang bekerja pada sepatu rem 2 terhadap O2 sebesar 1.094 N. Waktu yang diperlukan untuk melakukan pengereman pada kecepatan angin 6,1 m/s adalah 0,9 detik dengan gaya pengereman sebesar 54,194 N.
ANALISIS PENGARUH TEKANAN INJECTOR TERHADAP PERFORMA ENGINE PADA GOKART URBAN DIESEL KONTES MOBIL HEMAT ENERGI (KMHE) RISET DIKTI Ali Rosyidin; Slamet Riyadi
Motor Bakar : Jurnal Teknik Mesin Vol 4, No 2 (2020): Motor Bakar : Jurnal Teknik Mesin
Publisher : Universitas Muhammadiyah Tangerang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31000/mbjtm.v4i2.5760

Abstract

Prinsip injeksi bahan bakar yang baik bertujuan untuk dapat memenuhi berbagai hal yang diharapkan dari kendaraan bermesin diesel, sistem injeksi bahan bakar minyak (BBM) (termasuk pompa injeksi dan nozzle) memainkan peranan yang penting karena secara langsung mempengaruhi performa mesin dan kendaraan. (Denso, 2005), Pada motor diesel umumnya saat injeksi yang normal adalah antara 20º Crank Angle sampai dengan 16º Crank Angle Before Top Dead Centre. Jika saat injeksi dimundurkan (mendekati TDC), temperatur dan tekanan udara yang masuk menjadi lebih tinggi sehingga ignition delay lebih pendek. Penelitian ini telah dilakukan eksperimen berupa penggantian alat spi pada cam injector mesin diesel. Spi yang diganti yaitu dari spi cam injektor standar original pabrikan menjadi spi buatan (modifikasi) untuk merubah posisi sudut derajat letak cam injektor yang akan menekan pompa bahan bakar (fuel pump) dan disalurkan ke ruang bakar melalui injektor yang merupakan waktu penyalaan (ignition timing) bahan bakar pada ruang bakar motor diesel.
RANCANG BANGUN TURBIN ANGIN SAVONIUS POROS VERTIKAL DENGAN KINCIR 4 SUDU SEBAGAI PEMBANGKIT LISTRIK PADA PENERANGAN JALAN RAYA Parta Parta; Rofiroh Rofiroh
Motor Bakar : Jurnal Teknik Mesin Vol 4, No 2 (2020): Motor Bakar : Jurnal Teknik Mesin
Publisher : Universitas Muhammadiyah Tangerang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31000/mbjtm.v4i2.5750

Abstract

Manusia membutuhkan energi untuk melakukan kehidupan sehari-hari misalnya untuk berjalan, berlari, bekerja, atau beraktivitas. Selain itu manfaat energi penting untuk kebutuhan lain, yang juga bisa diubah menjadi listrik untuk keperluan manusia sehari-hari. Indonesia memiliki kekayaan sumber daya energi, yaitu tenaga air (Hydropower), panas bumi, gas bumi, batubara, gambut, biomassa, biogas, angin, energi laut, matahari dan lainnya dapat dimanfaatkan sebagai energi alternatif, menggantikan bahan bakar minyak, yang semakin terbatas baik jumlah cadangannya, dan gas hasil proses pembakaran dari energi fosil menciptakan polusi yang sangat merusak lingkungan dan berbahaya bagi kesehatan. Melihat potensi kota besar di Indonesia yang notabenenya banyak dijumpai kendaraan dan jalan-jalan besar sehingga menjadi sebuah trobosan untuk membangun suatu turbin angin yang nantinya diaplikasikan di titik-titik tertentu suatu daerah pada jalan raya sebagai pembangkit listrik pada penerangan jalan raya seperti pada berbagai jalan di negara-negara maju Penelitian ini menggunakan metode perancangan eksperimen yaitu pengumpulan data sebagai bahan untuk menyusun laporan skripsi.Pada tahap perencanaan menggunakan studi lapangan,metode interview, studi literature.proses pelaksanaan dimulai dari survey harga material, desain,pembuatan komponen,perakitan dan pengujian alat. Dalam rancang bangun turbin angin savonius melalui beberapa proses yaitu proses perancangan dan desain turbin menggunakan software CAD, melakukan perhitungan dan pembelian material, dan yang terakhir adalah proses pembuatan dan assembly bagian turbin itu sendiri. Adapun jumlah biaya yang dibutuhkan untuk pembuatan rancang bangun turbin angin savonius yaitu sebesar Rp 5.744.203,- (Lima Juta Tujuh Ratus Empat puluh Empat Ribu Dua Ratus Tiga Rupiah)
ANALISIS KARAKTERISTIK MATERIAL KOMPONEN PADA RANCANG BANGUN MESIN ROBOT DRAWING HYBRID LASER Sumarno Sumarno; Slamet Riyadi
Motor Bakar : Jurnal Teknik Mesin Vol 4, No 2 (2020): Motor Bakar : Jurnal Teknik Mesin
Publisher : Universitas Muhammadiyah Tangerang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31000/mbjtm.v4i2.5766

Abstract

Mesin Robot Drawing Hybrid Laser merupakan Mesin yang dikontrol oleh komputer dengan menggunakan bahasa numerik (data perintah dengan kode angka, huruf dan simbol) sesuai standar ISO. Mesin Robot Drawing Hybrid Laser ini menggunakan software-software antara lain Arduino, Processing, Camotic, Laser GRBL dan Inkscape. Mesin Robot Drawing Hybrid Laser sangat membantu dalam membuat penggambaran pola dan pengenalan pola. Adapun beberapa hardware-nya yaitu Arduino Uno, CNC Shield v3, DRV8825, Motor Stepper Nema 17, dan komponen mekaniknya. Dan untuk permodelannya 2 in 1 bisa digunakan keduanya dengan satu Mesin. Mesin Robot Drawing Hybrid Laser ini termasuk mesin CNC, karena dalam pengoperasiannya menggunakan kode-kode NC. Kode tersebut didapat dari gambar yang telah diterjemahkan menggunakan aplikasi Laser GRBL. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bahan material yang digunakan untuk komponen Mesin Robot Drawing Hybrid Laser, ketika mesin beroperasi pasti ada bagian komponen yang mengalami kerusakan dan penulis memberi solusi dengan membuat komponen yang rusak tersebut dengan bahan lain. Material yang digunakan untuk poros rail berupa stainless steel, puli menggunakan bahan alumunium, serta main frame, box transmission, bracket dan plotter menggunakan bahan plastik filamen PLA (Polylactid Acid). Bahan-bahan yang digunakan untuk komponen mekanik disesuaikan dengan kebutuhan rancang bangun, komponen yang terjadi kerusakan adalah plotter dengan bahan plastik PLA karena saat terjadi gaya sebesar 20 Newton komponen tersebut akan patah. Dan bahan plotter berupa plastik PLA dan PETG tidak mempengaruhi hasil gambar atau pola yang dikerjakan.
RANCANG BANGUN MESIN PEMINTAL BENANG DENGAN KAPASITAS 3 CONS MENGGUNAKAN SOFTWARE AUTOCAD Ellysa Kusuma Laksanawati; Bambang Suhardi Waluyo; Hendra Harsanta
Motor Bakar : Jurnal Teknik Mesin Vol 4, No 2 (2020): Motor Bakar : Jurnal Teknik Mesin
Publisher : Universitas Muhammadiyah Tangerang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31000/mbjtm.v4i2.5751

Abstract

Mesin pemintal benang adalah suatu perkakas yang dibuat untuk menggulung benang yang lebih modern dengan  penggerak motor listrik untuk mendapatkan waktu yang terbaik, dan efektif agar kapasitas produksinya meningkat dengan proses penggulungan benang dengan menggunakan eksperimen 3cons. Sehingga masyarakat diharapkan dapat meningkatkan produktivitas, kapasitas produksi, dan meningkatkan perekonomian tanpa mengurangi kualitas usaha penggulungan benang dengan adanya mesin ini khususnya benang obras.Mesin ini didesain menggunakan Software AutoCAD, kerangka dasar pada mesin ini memakai model dan tipe kerangka mesin yang sudah ada sebelumnya akan tetapi mesin ini lebih bersifat Portable (mudah dibongkar pasang/dipindahkan). Mesin ini memiliki ukuran yang lebih kecil sehingga dalam pemakaiannya mesin ini tidak memakan tempat dan apabila sudah tidak dipakai, mesin ini bisa dibongkar dan disimpan di dalam box sehingga lebih aman. Dalam proses pembuatannya mesin ini membutuhkan biaya yang cukup hemat dan juga material maupun sparepart yang dipakai dalam pembuatan mesin pemintal benang ini juga bersifat standarisasi pabrik atau mudah ditemukan tanpa memerlukan pengubahan atau modifikasi bentuk dan ukurannya sehingga memudahkan dalam proses penggantian apabila terjadi suatu masalah pada mesin tersebut.
ANALISIS KEAUSAN SPROKET PADA SEPEDA MOTOR SPORT 4 LANGKAH 150 CC Ahmad Iskandar; Mochamad Johansyah
Motor Bakar : Jurnal Teknik Mesin Vol 4, No 2 (2020): Motor Bakar : Jurnal Teknik Mesin
Publisher : Universitas Muhammadiyah Tangerang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31000/mbjtm.v4i2.5767

Abstract

Sproket rantai rol pada sepeda motor merupakan komponen yang sangat penting, komponen ini berfungsi untuk mentransmisikan daya dari mesin penggerak ke roda belakang. Dalam pengoperasiannya komponen sproket selalu bergesekan dengan rantai dari sepeda motor, dari gesekan tersebut yang akan menyebabkan keausan dan berkurangnya umur pakai.  Jenis keausan yang terjadi pada komponen sproket yaitu keausan adhesi dan abrasi, sedangkan untuk umur pakai sendiri dari komponen sproket yang diteliti telah mengalami pemakaian selama 420 hari atau 30.738.960siklus. Untuk umur pakai sproket sampai kondisi harus diganti, pemakaian selama 4,1 tahun atau 105,742,022,4 siklus. Komponen sproket sendiri sebelumnya telah dilakukan proses pengerasan permukaan, dengan metoda induksi. Dari hasil pengujian kekerasan dapat dilihat penurunan harga kekerasan dari permukaan ke bagian dalam. Strktur mikro yang terbentuk pada daerah permukaan yang dikeraskan terbentuk fasa martensit dan ferrite, sedangkan untuk daerah yang potongan melintang memiliki martensit austenit, perit (hitam) dan pearlite. Komponen sproket termasuk ke dalam baja karbon medium, sesuai dengan AISI 1040.
PERANCANGAN NOZZLE DAN SISTEM PERPIPAAN PADA TURBIN PELTON SKALA LABORATORIUM Yafid Effendi; Ali Rosyidin
Motor Bakar : Jurnal Teknik Mesin Vol 4, No 2 (2020): Motor Bakar : Jurnal Teknik Mesin
Publisher : Universitas Muhammadiyah Tangerang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31000/mbjtm.v4i2.5752

Abstract

Turbin Pelton merupakan salah satu jenis turbin air yang cocok untuk daerah yang mempunyai tinggi jatuh (head) yang tinggi. Berdasarkan debit air dan head yang tinggi dari pompa yang ada, maka direncanakan sebuah rancang bangun turbin air jenis Pelton dalamskala laboratorium untuk pengujian. Perancangan ini bertujuan untuk mengetahui rangkaian nozzle yang dibutuhkan pada turbin pelton dan memahami fungsi rangkaian sistem perpipaan yang dibutuhkan dalam pembuatan turbin pelton. Metode yang digunakan dalam perancangan ini adalah studi literatur, proses perencanaan, proses pendesainan, proses perancangan, proses perakitan dan simulasi. Metode cara kerja pada Turbin Pelton sendiri ialah dimana air yang berada pada bak penampung di hisap oleh pompa untuk di alirkan melalui perpipaan yang diberi katup sehingga laju aliran air dapat diatur sesuai dengan keinginan, kemudian diteruskan ke nozzle. Kemudian air yang keluarkan oleh nozzle digunakan untuk memutar sudu turbin yang selanjutnya jatuh kedalam bak penampung agar selanjutnya kembali ke tahap awal sehingga terjadi sirkulasi.Dimana untuk memperoleh putaran dan daya yang maksimal, dilakukan perencanaan nozzle dan sistem perpipaan. Berdasarkan potensi head yang berasal dari pompa 39 m didapatkan hasil perencanaan diameter jet dari nozzel sebesar 14,4 mm. Turbin Pelton memakai sistem 1 nozzle dari bahan paduan Aluminium Al 6061-T6 yang menghasilkan kecepatan relative terhadap mangkok. Peralatan pengujian turbin Pelton memakai sistem perpipaan dari bahan Polyvinil chloride (PVC) berdiameter 25,4 mm.    

Page 1 of 1 | Total Record : 8